Abstrak
Kehadiran seorang pendidik sangat ampuh dalam memperluas amal dakwah bagi siswa karena seorang guru akan memberikan keteladanan, nasihat, inspirasi kepada siswa sehingga siswa menjadikan salat sebagai komitmen yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi guru PAI dalam meningkatkan pengamalan ibadah salat siswa di Madrasah Tsanawiyah Manhajussalam Jorong Kabupaten Tanah Laut dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan analisis deskriptif kualitatif. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Pengeditan data, klasifikasi data, dan pengumpulan data merupakan metode yang digunakan dalam pengolahan data. Guru PAI yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah Manhajussalam Jorong menjadi subjek penelitian ini dan terfokus pada guru fikih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran seorang guru PAI dalam mendorong siswa untuk berdoa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa eksistensi/peran guru PAI dalam mendorong siswa untuk berdoa telah dilakukan, terbukti dengan bimbingan, dorongan, pengawasan, dan disiplin guru, Pak MN dan SS sebagai guru PAI. Latar belakang guru, cara guru mengajar, kepribadian guru, dan sarana prasarana semuanya berdampak baik atau tidaknya guru PAI dalam meningkatkan amalan salat siswa. Hanya satu hal yang menghalangi siswa untuk melakukan salat: bangunan musholla yang tidak cukup besar untuk menampung siswa dan kelengkapan peralatan lainnya.
Judul | Eksistensi Guru PAI dalam Meningkatkan Pengamalan Ibadah Salat Siswa di Madrasah Tsanawiyah Manhajussalam Jorong Kabupeten Tanah Laut |
---|---|
Penulis | Hairidah, M.Pd |
Kategori | Jurnal Ilmiah |
Program Studi | PAI |
Subjek | Pendidikan Agama Islam |
Penerbit | JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL DAN HUMANIORA |
Nomor seri | VOL. 2 NO. 1 (2023) |
Pembimbing | - |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-12-2023 |