Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dalam proses pembelajaran masih banyak masalah yang dijumpai oleh seorang Pendidik, salah satunya adalah masalah penggunaan media yang mengakibatkan peserta didik kurang berminat dan kurang paham terhadap materi yang disampaikan oleh Pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media crossword puzzle pada mata pelajaran Qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 16 Hulu Sungai Selatan apakah lebih efektif dibanding dengan proses pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional ditinjau dari hasil belajar Peserta didik. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas V-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 16 Hulu Sungai Selatan yang berjumlah 19 orang. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin yang dibagi menjadi dua siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran mata pelajaran Qur’an Hadis dengan menggunakan media crossword puzzle lebih efektif dibanding proses pembelajaran yang masih konvensional. Kesimpulan tersebut dipaparkan dari hasil belajar Peserta didik dari siklus pertama dengan nilai rata-rata skor perolehan hasil peserta didik sesuai KKM yaitu 53% dengan kriteria belum tuntas dan mengalami peningkatan disiklus kedua yaitu 84% dengan kriteria tuntas.
Judul | Efektivitas Media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran Qur'an Hadis |
---|---|
Penulis | Laila,S.Th.I.,M.Pd |
Kategori | Jurnal Ilmiah |
Program Studi | PAI |
Subjek | Sistem Pembelajaran |
Penerbit | JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL DAN HUMANIORA |
Nomor seri | VOL. 2 NO. 1 (2023) |
Pembimbing | - |
File / Url | |
Tanggal Upload | 12-12-2023 |