Abstrak
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa perkembangan teknologi sudah merambat ke berbagai sektor, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan yang menuntut guru kelas sebagai yang berinteraksi langsung dengan peserta didik harus mengikuti perkembangan zaman. Perubahan gaya belajar mengajar dari teacher centered ke student centered mengharuskan guru kelas kreatif dalam pembelajaran. Untuk menjawab tantangan tersebut, guru kelas harus memiliki literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital guru kelas di SDIT Qurrata A’yun Kandangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengam metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di SDIT Qurrata A’yun Kandangan dengan objeknya kemampuan literasi digital guru kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan hasil penelitian. Melalui teknik analisis deskriptif kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa tingkat literasi digital guru kelas di SDIT Qurrata A’yunKandangan mencapai pada level ke-III (level tertinggi), yaitu kemampuan mencipta pengetahuan baru berupa media pembelajaran berbasis digital serta mengomunikasikan hasil menciptakan pengetahuan tersebut secara efektif melalui berbagai macam media digital.
Judul | Analisis Literasi Digital Guru Kelas di SDIT Qurrata A’yun Kandangan. |
---|---|
Penulis | Suraya Hidayati |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Unidentified |
Penerbit | IAI Darul Ulum Kandangan |
Nomor seri | 02 |
Pembimbing | Pembimbing: (I) Nurul Fauziah, M. Pd. (II) Fitriah, M. Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 07-10-2024 |