preloader

21 November 2024

Jln. Rantauan RT 03 RW II Gambah Luar, Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan 71216 - Kalimantan Selatan Selatan

Tanya - tanya langsung: Whatsapp Disini!

ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I

Yuli Ariani

Abstrak

Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa dalam sebuah pembelajaran salah satu unsur yang berpengaruh serta menjadi sarana dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah materi ajar. Penyajian materi pembelajaran kepada peserta didik haruslah memenuhi kriteria-kriteria kelayakan isi sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku. Selain itu, penyajian materi juga disesuaikan dengan tingkat perkembangan perkembangan kognitif peserta didik agar materi mudah diterima.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dalam bidang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi materi pembelajaran dalam buku teks Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah kelas I dan kesesuaiannya dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget.

Melalui teknik deskriptif analisis, penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama, kelayakan isi materi pada aspek kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD berada pada kategori sangat baik, aspek keakuratan materi kategori sangat baik dan aspek materi pendukung pada kategori sangat baik. Kedua, materi sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif peserta didik yaitu tahap operasional konkret (7-11 tahun) menurut teori Jean Piaget.

Judul ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I
Penulis Yuli Ariani
Kategori Skripsi Mahasiswa
Program Studi PGMI
Subjek Unidentified
Penerbit IAI Darul Ulum Kandangan
Nomor seri 06
Pembimbing Pembimbing: (I) Fitiriah, M.Pd. (II) Nor Asyriah, M.Pd.
File / Url
-
    Tanggal Upload 08-10-2024

    Ingin jurnal anda di publikasikan?

    Jurnal anda berpotensi disaksikan oleh beragam viewers dengan latar belakang sesuai bidang anda.