Abstrak
Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa dalam sebuah pembelajaran salah satu unsur yang berpengaruh serta menjadi sarana dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah materi ajar. Penyajian materi pembelajaran kepada peserta didik haruslah memenuhi kriteria-kriteria kelayakan isi sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku. Selain itu, penyajian materi juga disesuaikan dengan tingkat perkembangan perkembangan kognitif peserta didik agar materi mudah diterima.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dalam bidang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi materi pembelajaran dalam buku teks Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah kelas I dan kesesuaiannya dengan teori perkembangan kognitif Jean Piaget.
Melalui teknik deskriptif analisis, penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: Pertama, kelayakan isi materi pada aspek kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD berada pada kategori sangat baik, aspek keakuratan materi kategori sangat baik dan aspek materi pendukung pada kategori sangat baik. Kedua, materi sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif peserta didik yaitu tahap operasional konkret (7-11 tahun) menurut teori Jean Piaget.
Judul | ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I |
---|---|
Penulis | Yuli Ariani |
Kategori | Skripsi Mahasiswa |
Program Studi | PGMI |
Subjek | Unidentified |
Penerbit | IAI Darul Ulum Kandangan |
Nomor seri | 06 |
Pembimbing | Pembimbing: (I) Fitiriah, M.Pd. (II) Nor Asyriah, M.Pd. |
File / Url | |
Tanggal Upload | 08-10-2024 |